Rabu, 08 April 2009

Technos Alarmdate, Automatic, Swiss Made, Circa 1970's

Saya sangat menyukai arloji2 lawas dengan fitur alarm atau bell, sepertinya jam ini sangat canggih dizamannya, saya bayangkan didalam arloji yang berukuran kecil, bisa disispkan sistim alarm atau bell mekanik, yang tentunya akan membuat sistim mekanisnya menjadi kompleks, inilah yang menjadi ketertarikan saya terhadap arloji alarm menjadi sangat kuat.

Technos Alaramdate & Vintage Ronson Lighter

Sayangnya arloji seperti ini sangat jarang ditemui dipasaran, arloji alarm yang pernah banyak saya koleksi hanya dari merk seiko, saya pernah sangat menggandrungi seiko bellmatic, sehingga pernah samai punya beberapa unit, merk lain selain seiko sangat jarang ditemui bahkan seiko bellmaticpun sekarang juga sudah sangat jarang ditemui, beberapa merk selain seiko yang pernah saya jumpai adalah merk poljot dari rusia, rado, titoni, vulcain, dan omega memomatic , itu pun hanya saya jumpai 1 unit untuk tiap merek yang saya sebutkan tadi.

Sulitnya ditemui arloji alarm ini mengakibatkan nilainya pun lebih dari arloji2 jenis biasa dari merek yang sama, bahkan tidak ada patokan sama sekali untuk harganya, kali ini yang saya jumpai adalah merk Technos , bermesin automatic technos ini disebut "Alarmdate", dari referensi yang ada, memang arloji2 ini dikeluarkan akhir tahun 60an dan sepanjang tahun 7oan, kondisi masih sangat mulus, walaupun dial ada sedikit aging, namun untuk ukuran usia arloji ini masih dalam kondisi yang sangat bagus, baik secara fisik maupun performansinya, dan fungsi alarmnya pun masih dapat digunakan.

Technos ini seharusnya menggunakan rantai, namun karena rantainya sudah tidak ada, akhirnya dipadukan dengan nato strap berwarna hijau , semakin terlihat cantik dan nyaman digunakan dan salah satu yang saya sukai adalah ukurannya yang lebih besar dari jenis arloji alarm lainnya, sehingga terlihat lebih sporty dan gagah.

1 komentar: