Jumat, 01 Mei 2009

Poljot Premier, Cal P3133, made in rusia

Poljot Premier Chronograph, Manual Winding 23 Jewels
Poljot adalah salah satu brand yang cukup punya nama besar didunia arloji, namun banyak orang memandang rendah brand poljot ini, dan menganggap poljot adalah jam murahan, terlebih lagi banyak poljot yang dibuat deng an casing base metal, sehingga menambah kesan murahan terhadap merk poljot ini, namun apakah semua poljot terbuat dari base metal..??, tidak juga, mungkin ini adalah siasat dari poljot saja untuk menekan ongkos produksi sehingga dapat dijual dengan harga terjangkau, sedangkan sebagian lagi diproduksi untuk segmen lebih tinggi dan casingnya dibuat dengan bahan stainless steel.


Satu hal lagi yang juga membuat brand poljot dicibir oleh penggemar arloji adalah kebiasaan poljot membuat replika dari arloji arloji yang punya nama besar seperti breitling,omega,fortis,sinn, tutima, dan mungkin banyak model2 dari brand lain terkenal yang ditiru oleh poljot, walaupun dalam mencontek poljot tidak melakukannya 100%, namun tetap dengan gayanya sendiri yang khas rusia, saya sendiri s ebenarnya cukup kagum, walaupun mencontek tapi tetap menampilkan ciri khas misterius rusia itu sendiri, dan apa yang membuat saya lebih kagum lagi adalah bahwa poljot memproduksi sendiri mesin2 untuk arloji2 mereka, walaupun beberapa mesin mencontek dan memodifikasi dengan sukses beberapa mesin swiss made seperti valjoux misalnya.


Selama berkecimpung didunia arloji, rasanya selalu berat kalau mengeluarkan dana untuk membeli sebuah poljot, walaupun dalam hati saya mengagumi arloji ini, entah apa yang menyebabkan hal ini selalu terjadi, walaupun saya sendiri pernah memiliki beberapa unit poljot yang akhirnya saya lepas ke beberapa rekan yang menyukainya.

Beberapa waktu yang lalu saya ditawari sebuah unit poljot aviator keluaran terbaru dengan kondisi yang masih sangat mulus, akhirnya saya sudah tidak bisa lagi menahan keangkuhan hati saya terhadap brand dari rusia ini, hati saya mencair, hasrat menggebu pun timbul sedemikian dasyat, ternyata tidak ada alasan lagi untuk secara jujur mengatakan bahwa poljot adalah sebuah arloji yang layak dikoleksi, setidak tidaknya ini adalah opini pribadi saya, tawar menawar pun terjadi dan akhirnya cocok harga, saya berikan dp karena saya tidak membawa uang tunai dan akan saya ambil kemudian kalau saya ada waktu luang, karena sang penjual juga tidak buru 2 untuk menggunakan uangnya, namun sebelum saya mengambil unit aviator tersebut, saya mampir ketempat langganan lainnya, lagi2 saya dihadapkan sebuah unit poljot vintage yang benar2 membuat saya jatuh cinta sedemikian rupa dengan POLJOT!, kali ini yang ditawarkan kesaya adalah sebuah poljot premier yang berdisain simple dan kokoh, dan terlebih lagi modelnya secara umum menyerupai aroloji2 chrono manual winding dengan mesin valjoux 7733 yaitu dengan ciri khas 2 sub registers , yaitu diangka 9 dan angka 3, wah saya langsung mengajukan penawaran, tidak lama2 karena sudah ngebet nih...!!!, cocok harga poljot saya bayar dan sekaligus membatalkan poljot aviator yang sebelumya sudah saya dp, dan tentunya meminta maaf dan tidak meminta uang dp itu dikemba likan kesaya.

Poljot Premier black dial (milik saya)

Poljot ini luar biasa, dengan casing all stainless steel dan digerakan dengan movement poljot cal 3133, cal 3133 ini dibuat bedasarkan atau berdisain serupa dengan valjoux 7734, dimana valjoux 7734 adalah pengembangan dari valjoux 7733 dengan penambahan fungsi tanggal, dan diletakan di angka 6, dan yang lebih luar biasa lagi adalah, poljot preimer ini ternyata desainnya adalah kembaran dari omega dynamic chronograph bermesin automatic yang sangat saya sukai modelnya dan belum pernah saya lihat sosok fisiknya selama berkecimpung didunia arloji antik, cukup...??, ternyata ada lagi kembarannya yaitu breitling yang juga bernama sama dengan poljot ini, yaitu breitling premier dari seri navitimer, wah kalau ada 3 yang sama berarti siapa yang mencontek siapa nih, yang jelas pasti poljot jagoan nyonteknya he he he...!!!, tapi antara breitling dan omega bagaimana..??, mungkin ini sebuah kebetulan saja mudah2an.

Breitling navitimer premier (Photo dari internet)

Omega Dynamic Chrono (Foto dari Internet)

Ke tiga arloji ini hampir kelihatan sama, sampai saya berandai andai memiliki ke tiga sikembar ini, tapi kalau melihat harga dan sulitnya mendapatkan omega serta mahalnya breitling premier.., tentunya memiliki poljot premier ini saja cukup lah dahulu, toh saya juga sangat menyukai chrono dengan mesin manual winding, akhirnya saya berani juga memiliki sebuah poljot yang berkualitas dan berharga cukup mahal untuk ukuran kantong saya, terlebih lagi adalah bahwa poljot premier ini sangat nyaman digunakan, berkondisi sangat mulus baik casing dan dialnya, serta fungsi dan performansinya yang masih baik.

Omega Dynamic & Poljot Premier (Photo dari internet)

Ada beberapa variasi warna dan model poljot preimer ini, selain dengan dial warna hitam seperti yang saya miliki terdapat 2 variasi lagi seperti photo2 dibawah ini, dan yang lebih menarik untuk tiap variasi hanya dibuat sebanyak 999 unit, dan unit yang saya miliki adalah dengan nomor register 799/999.
Nomor produksi tertera 799/999 (Koleksi Pribadi)

Poljot Preimer dengan variasi jarum warna orange (Photo dari internet)

Poljot Premier dengan variasi warna dial putih (Photo dari internet)

Poljot Premier All Gold (Photo dari internet)

Dibawah ini Arloji Poljot saya bersanding dengan 2 unit Poljot koleksi pak Acil, salah satu rekan kolektor senior yang bertempat tinggal di Kebayoran Baru, yang kebetulan tidak jauh dari tempat tinggal saya, 2 poljot koleksi pak Acil juga bermovement P3113 tetapi dengan jenis casing dan desain berbeda dengan kepunyaan saya. Photo saya ambil ketika berkunjung ke rumah pak Acil pada suatu kesempatan.

3 Unit Poljot berbeda jenis namun sama2 menggunakan movement P3113
(Koleksi pak Acil dan Ariska)

Pada kesempatan berkunjung ke rumah pak Acil, saya juga mencoba mengabadikan salah satu arloji rusia lainnya milik pak Acil, yaitu arloji rusia Automatic dengan jenis yang beridentitas Agen Rahasia Unti Soviet KGB, sebenarnya poljot yang satu ini modelnya biasa saja dan saya sudah sering melihatnya, namun yang satu ini sungguh membuat saya tertarik, karena kondisinya masih sangat mulus, seperti koleksi2 pak Acil yang lainnya, serta casing dengan jenis stainless steel, dan yang paling membangkitkan minat saya adalah poljot ini berlogo KGB serta ada tulisan KGB diposisi angka 6nya, wah pengen ngerasain nih jadi agen KGB he he he....

Poljot Automatic KGB (Koleksi pak Acil)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar