Senin, 02 Maret 2009

Seiko Bullhead 6138-0040 (Not For Sale)


Dijajaran seiko chrono dan dikalangan penggemar arloji lawas umumnya atau penggemar seiko khususnya, seiko type inilah yang dianggap harus dimiliki, dan kalau bisa dengan kondisi yang bagus tentunya. Code di back casenya adalah 0040 dengan movement seiko 6138 (movement chronograph), seiko ini berpenampilan aneh, dan nyeleneh dari penampilan arloji umumnya, tombol atau crown serta pusher untuk chrononya terletak diatas angka 12 dimana arloji yang umum tombol pemutar atau crownnya terletak di samping angka 3, belum lagi casingnya yang tebal serta antara atas (di jam 12) serta bawah (di jam 6) ketebalannya berbeda..

Karena penampilan tersebut diatas maka seiko ini dapat julukan macam2, sebagian penggemar menyebutnya "Mickey Mouse" sementara yang lainnya menjuluki "Bullhead", ada2 saja...
Bullhead ini dikeluarkan dalam 2 kombinasi warna yaitu dengan warna dial brown serta sub register berwarna kuning emas atau sering disebut "Brown face bullhead", kemudian yang kedua berwarna dial hitam dengan sub registers nya berwarna biru dan disebut juga "Black face bullhead", dan ternyata si Brownface bullhead ini ada juga unit yang hanya khusus dipasarkan di jepang, dengan ciri ada tulisan " Seiko Speed Timer" dan satu variant brownface lagi adalah bertuliskan "Seiko 5Sports Speedtimer"sedangkan untuk pasar selain jepang bertuliskan "Chronograph Automatic", entah kenapa hanya bullhead brownface saja yang memiliki variant tersebut, sehingga dikalangan penggemar bullhead sepertinya harus memiliki ke 4 varian ini.
Selama saya menggemari arloji lawas, sudah 4 kali saya mendapatkan bullhead ini, ini sangat mengherankan, karena dikalangan penggemar bullhead ini dikategorikan langka, tetapi saya melihat kenyataannya banyak rekan yang memiliki bullhead ini, sementara ada seiko lainnya yang jarang ditemui sebagai contoh seiko Panda (Lihat Seiko Panda), ini lebih jarang saya jumpai, apalagi dalam kondisi mulus dan orisinil. Ke 4 bullhead yang pernah saya miliki sebelumnya kondisinya biasa saja, 1 diantarnya boleh dikatakan tidak bagus, 2 lagi saya nilai cukup bagus, 3 bullhead pertama saya jual atau ada yang saya barter dengan arloji lainnya.


Setelah lama tidak memiliki bullhead akhirnya datang juga kesempatan untuk memiliki blackface bullhead dengan kondisi sempurna, harga yang ditawarkan juga cukup tinggi dengan peminat yang tidak hanya saya, berhari hari sang bullhead terus mengganggu pikiran saya.. akhirnya saya beranikan diri untuk memberikan tawaran lebih tinggi dari paminat lainnya, dan saya anggap itu harga yang cukup pantes untuk mendapatkan blackface bullhead dengan kondisi yang luar biasa seperti foto diatas.



3 komentar: